7 Dampak Positif Konsumsi Pisang untuk Kesehatan

7 Dampak Positif Konsumsi Pisang untuk Kesehatan

7 Dampak Positif Konsumsi Pisang untuk Kesehatan – Sudah bukan rahasia umum bahwa salah satu manfaat makan pisang yaitu sebagai sumber energi yang digunakan untuk mendukung aktivitas harian. Tak heran, pisang kerap menemani menu sarapan server thailand banyak orang di berbagai jenis masakan. Bahkan, sejumlah nutrisi yang terkandung dalam pisang menjadikannya salah satu buah untuk diet yang efektif menurunkan berat badan. Lantas, apa saja manfaat pisang untuk kesehatan? Mari simak artikel berikut hingga selesai.

Secara alami, pisang memiliki rasa yang manis. Buah satu ini sering dijadikan makanan pendamping ASI untuk bayi karena rasanya tersebut. Teksturnya yang lunak pun membuat buah pisang cocok dikonsumsi bayi yang sedang belajar makan. Ditambah lagi, zat gizi yang terkandung pada pisang mempunyai beragam manfaat untuk kesehatan tubuh, bukan hanya pencernaan.

Manfaat Pisang untuk Kesehatan

Setelah mengetahui ragam kandungan nutrisi di dalam satu buah pisang, selanjutnya masuk ke poin pembahasan manfaat makan pisang untuk kesehatan. Faktanya, pisang diketahui mampu menurunkan risiko diabetes tipe 2, membantu penurunan berat badan, dan masih banyak manfaat lainnya. Simak uraian mengenai manfaat makan pisang berikut ini.

Baca Juga : 8 Tips Ampuh Supaya Kulit Tetap Terawat

Meningkatkan Mood dan Daya Ingat

Selain memperbaiki kualitas tidur, manfaat makan pisang lainnya yang berkaitan dengan asam amino triptofan adalah meningkatkan mood dan daya ingat. Pasalnya, asam amino tersebut akan mendorong pembentukan hormon sehingga menyebabkan timbulnya perasaan senang. Tidak sampai situ, mengonsumsi pisang juga diyakini membantu mengatasi gejala depresi yang juga berkaitan spaceman slot dengan kualitas tidur. Di samping itu, khasiat pisang lainnya yakni mampu merelaksasi otot-otot tubuh sehingga meminimalisasi ketegangan yang berasal dari kandungan magnesium. Itu dia beberapa manfaat makan pisang untuk kesehatan yang baik untuk diketahui.

Pada dasarnya, 1 buah pisang mengandung hampir semua nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh, termasuk protein, kalium, vitamin C, dan zat besi. Meski begitu, hindari konsumsi pisang secara berlebih karena dapat menyebabkan sembelit. Kemudian, supaya manfaat makan pisang dapat diperoleh secara optimal, cukupi juga kebutuhan cairan harian Anda dengan AQUADULU. Anda perlu tahu bahwa tidak semua air itu AQUA karena mengandung mineral alami yang berasal dari 19 pegunungan terpilih di Indonesia dengan lapisan pelindung sehingga terbebas dari polutan. Tak hanya itu, AQUA juga terasa dingin alami sehingga tidak perlu dimasukkan ke dalam lemari pendingin terlebih dahulu.

 Menjaga Kesehatan Ginjal

Selain menjaga kesehatan jantung, kandungan kalium pada pisang juga dinilai baik untuk meningkatkan fungsi ginjal. Pasalnya, kalium dapat membantu menurunkan tekanan darah yang memiliki kaitan erat dengan kondisi kesehatan ginjal. Meski begitu, kamu harus tetap menjaga kadar kalium dalam tubuh karena lebih lanjut dapat meningkatkan risiko hiperkalemia. Adapun keseimbangan kadar kalium di dalam tubuh yaitu antara 3,5 dan 5,0 milliequivalent per liter (mEq/L) yang bisa didapatkan dalam satu buah pisang.

Memperbaiki Kualitas Tidur

Manfaat makan pisang lainnya adalah memperbaiki kualitas tidur. Tidur merupakan sebuah kebutuhan bagi tubuh untuk meningkatkan sistem imun agar tidak mudah terserang penyakit. Dengan kandungan asam amino triptofan, seseorang akan memiliki serotonin lebih banyak. Hasilnya, jumlah serotonin yang cukup dapat membuat tubuh terhindar dari kondisi stres hingga depresi. Tingkat kelola stres yang baik berpengaruh positif terhadap peningkatan kualitas tidur.

Sebagai Sumber Energi

Manfaat makan pisang yang pertama adalah sebagai sumber energi untuk menunjang aktivitas harian. Bagaimana tidak, kandungan karbohidrat pada pisang, khususnya glukosa, fruktosa, dan sukrosa, memberikan sumber energi yang cepat diserap oleh tubuh. Kemudian, kandungan magnesium dan kalium pada pisang juga penting bagi tubuh agar tetap prima dalam menjalani kegiatan dan aktivitas fisik. Tidak lupa juga kandungan protein pada pisang yang baik untuk pembentukan otot sehingga Anda dapat bergerak dengan baik.

Membantu Mengontrol Tekanan Darah

Tahukah Anda, buah pisang dapat menolong penderita hipertensi? Pasalnya, pisang mengandung kalium yang berguna untuk mengatur keseimbangan cairan dan elektrolit dalam tubuh. Hal ini membuat tekanan darah di dalam tubuh tetap lancar dan stabil.

Selain itu, serat pektin pada pisang mampu mengikat lemak dan mencegah pembentukan plak penyebab stroke dan penyakit kardiovaskular. Tidak sampai di situ, kandungan potasium dalam pisang juga dapat membantu mengendalikan tekanan darah, mengurangi risiko hipertensi, dan mendukung fungsi jantung yang sehat..

Mendukung Program Diet

Manfaat makan pisang berikutnya adalah mendukung program diet. Perlu diketahui, kandungan lemak pada pisang tergolong rendah sehingga cocok dijadikan camilan sehat. Selain itu, pisang menjadi salah satu makanan dengan indeks glikemik rendah atau low GI food.

Artinya, pisang akan lebih lambat dicerna oleh tubuh sehingga menghasilkan peningkatan gula darah yang baik dan stabil. Dengan begitu, mengonsumsi pisang diyakini dapat membantu penurunan badan sebagai salah satu goal dari sebagian program diet.